Kumpulan informasi keseharian, semoga bermanfaat.

[info] buat yg insomnia

Monday, 27 July 2009

[info] buat yg insomnia

VIVAnews - Kualitas tidur yang buruk bisa disebabkan beragam hal. Menurut buku How To Sleep Better, karya Thomas J, Coates, gangguan tidur bisa dipengaruhi oleh faktor fisik, atau akibat stres, karena urusan kantor dan keluarga, serta pengaruh obat tidur, atau suasana kamar. Akibatnya, Anda merasa gelisah saat tidur, bahkan insomnia. Maka itu, untuk mengurangi gangguan-gangguan tidur tersebut, Anda bisa menjalani beberapa saran berikut ini.

- Tetapkan jadwal bangun tidur yang tetap setiap hari, bahkan saat akhir pekan sekalipun. Dengan begini, Anda membiasakan tubuh untuk ‘menyetel jam wekernya’.

- Ciptakan ritual sebelum tidur. Gunanya adalah untuk memberi tahu tubuh Anda bahwa waktu tidur telah tiba. Ritualnya bisa apa saja, mulai dari mandi air hangat, secangkir teh atau segelas susu, mendengarkan musik yang menenangkan atau sekedar membaca bacaan ringan.

- Kurangi polusi suara. Matikan TV, atau apapun yang dapat mengganggu ketenangan tidur anda. Bila perlu, pasang peredam suara untuk menghalau suara lalu-lintas (bila anda tinggal dekat jalan raya) atau tetangga yang berisik.

- Hindari tidur siang. Terlalu banyak tidur siang malah akan membuat Anda sulit tidur pada malam harinya. Namun, bila Anda sangat membutuhkan istirahat sejenak di siang hari, sebaiknya jangan lebih dari 30 menit. Cukup sampai Anda merasa segar kembali. Jangan sampai Anda jadi tertidur lelap.

- Jauhi kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur. Bila Anda ingin tidur lelap, sebaiknya hentikan kebiasaan minum kopi sebelum waktu tidur. Sebab, nikotin dapat menjadi stimulan otak, yang membuat Anda makin terjaga.

- Hentikan merokok. Kalau sulit, kurangi rokok pada malam hari. Nikotin dalam rokok dapat mengusir rasa kantuk.

- Mulailah berolahraga secara teratur. Latihan fisik yang dilakukan 3-4 jam sebelum tidur dan sebelum makan malam dapat memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. Tapi, jangan lakukan olahraga setelah makan dan sesaat sebelum tidur, karena olahraga meningkatkan suhu tubuh dan malahan menunda waktu tidur bila dilakukan beberapa saat sebelum waktu tidur.

- Teknik relaksasi, meditasi, yoga, atau mendengarkan rekaman suara ombak atau alunan musik yang membuat relaks bisa membantu tidur nyaman. Relaksasi otot progresif sangat tepat menjelang tidur. Anda bisa melakukannya dengan memejamkan mata, dan merelakskan badan mulai dari ujung jari kaki.

Sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/71598-agar_anda_bisa_tidur_nyenyak_malam_ini